Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata “membaca”?

Hal pertama yang akan muncul diotak kamu pasti membosankan. Bagi sebagian orang, membaca adalah hal yang membosankan, malah terkadang dianggap membuang waktu. Padahal ada pepatah mengatakan ‘Buku adalah Jendela Dunia’. Nah, bagaimana tuh? Katanya ‘Jendela Dunia’ tetapi masih banyak orang yang malas membaca, padahal membaca banyak manfaatnya. Kesan membosankan sebenarnya tercipta karena masih banyak orang yang salah dalam memilih buku. Apalagi masih banyak pembaca yang salah langkah dalam memilih buku. Berikut adalah tips memilih buku untuk pembaca pemula.

1. Pilih Genre yang Ringan dan Menarik

Sebelum menentukan buku yang akan dibaca, pertama kamu harus memilih genre apa yang akan kamu baca. Pastikan kamu sudah tahu genre apa yang kamu sukai, jangan sampai kamu hanya ikut-ikutan teman ya. Misalnya kamu adalah golongan orang yang menyukai hal-hal romantis, pilihlah novel dengan jalan cerita yang berlandaskan cerita cinta. Nah, jika kamu adalah seseorang yang menyukai hal-hal yang bersifat lucu, maka kamu harus memilih genre komedi. Sisi lain dari genre komedi ini, biasanya mudah dibaca dan dipahami oleh para pembaca pemula. Sekarang tinggal kamu tentuin deh suka genre yang mana, kalau masih bingung genre komedi bisa kamu jadikan sebagai referensi membaca loh.

2. Pilih Penulis yang Kamu Sukai

Sebagian pembaca pemula masih awam dengan para penulis buku. Jika kamu belum mengetahui banyak, kamu bisa pilih penulis yang terkenal. Biasanya pembaca pemula akan memulai memilih buku berdasarkan penulis yang terkenal. Nah, jika kamu sudah memiliki penulis favorite tentu akan menjadi mudah bagi kamu untuk memilih buku. Eits.. tapi jangan terlalu terpaku pada penulis favorite kamu ya, adakalanya kamu harus membaca karya penulis lain.

3. Pilih Sinopsis yang Menarik

Sebagai pembeli yang bijak, sebelum membeli buku kamu wajib membaca sinopsisnya karena dari sinopsis tersebut kamu akan memiliki gambaran bagaimana isi dan jalan cerita dari buku tersebut. Pilihlah sinopsis yang menarik dan mengundang penasaran. Semakin menarik sinopsisnya, pasti kamu semakin penasaran kan? Jangan sampai salah ya dalam menentukan buku yang akan kamu beli.

4. Mulailah Rutin Membaca

Para pemaca pemula pasti akan merasa bosan jika harus membaca buku yang terlalu tebal, maka solusi yang ampuh adalah dengan membacanya sedikit demi sedikit namun rutin. Pernah mendengar pepatah “sedikit lama-lama menjadi bukit”. Nah, pepatah ini sangat cocok untuk kalian para pemula. Mulailah membaca buku sedikit demi sedikit tetapi harus rutin ya agar kamu bisa menghabiskan buku sekaligus menikmati isi buku tersebut.

 

Gimana? Menarik kan? Tunggu apalagi, ayo kita mulai berburu buku!

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Cart

No products in the cart.