Menulis bisa dibilang gampang-gampang susah, bahkan banyak orang menganggap menulis adalah hal yang membosankan. Pada era digital seperti sekarang, tentu orang lebih memilih bermain gadget yang ia miliki ketimbang menulis. Tidak bisa di pungkiri bahwa menulis memerlukan proses panjang dan terkadang terasa membosankan, apalagi bagi orang yang tidak memiliki ketertarikan di bidang menulis. Di balik berbagai tanggapan miring tentang menulis, sebenarnya menulis memiliki keuntungan tersendiri. Berikut adalah beberapa manfaat menulis yang jarang diketahui orang:

  1. Terhindar dari Gangguan Psikis

Gangguan Psikis erat kaitannya dengan depresi dan stres. Orang yang lebih memilih memendam permasalahnnya cenderung mudah mengalami stres dan depresi. Salah satu cara agar terhindar dari Gangguan Psikis adalah dengan meluapkan permasalahan yang ia alami. Menulis adalah satu salah cara yang tepat untuk bisa terhindar dari gangguan psikis, karena dengan menulis bisa mengungkapkan segala perasaan dan permasalahan yang kita alami. Menuangkan perasaan kedalam tulisan tentu lebih baik, daripada memendamnya sendiri.

2. Sarana Ekspresi Diri

Hal mendasar dari menulis adalah mengekpresikan perasaan. Kita sebagai manusia tentu mengalami berbagai pengalaman dalam hidup. Selain itu, tentu kita juga mengalami berbagai perasaan di setiap harinya. Berbekal dari pengalaman hidup dan perasaan yang kita miliki, menulis akan menjadi jalan keluar untuk seseorang dalam mengekspresikan diri. Dalam menulis, kita bebas menuangkan segala pikiran, perasaan, dan pengalaman hidup yang kita miliki. Mengekspresikan diri dengan menulis tentu mampu membuat orang yang membaca turut larut dengan apa yang kita rasakan.

3. Menulis Salah Satu Media Belajar

Belajar tidak melulu tentang membaca. Jika kita belajar hanya dengan membaca tanpa menulis tentu tidak lengkap rasanya, karena sedari kecil kita selalu diajarkan bagaimana caranya menulis dan membaca dengan baik dan benar. Menulis adalah media belajar efektif, dengan menulis tentu kita akan menggali dan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya untuk menopang dan mempertajam tema yang sedang ditulis. Dengan menulis, artinya kita sudah menuangkan dua media belajar dalam satu aktivitas yaitu menulis dan membaca. Menyenangkan bukan? Seperti satu kali menyelam, dua tiga pulau telampaui.

4. Berlatih Untuk Berkarya

Menulis adalah satu karya seni dalam berkarya. Berkarya artinya suatu hal atau karya seni yang bisa dinikmati oleh orang lain. Karya seni tulis adalah satu satu karya seni yang di minati orang. Bisa membuat karya seni tulis sendiri tentu hal yang membanggakan, karena itu artinya kita sudah berkarya. Dengan berkarya, tentu akan mengenal kita sebagai orang yang cerdas dan memiliki intelektual bagus.

5. Membangun Kepercayaan Diri

Setiap tulisan yang kita buat adalah ungkapan perasaan yang sedang atau pernah kita rasakan. Dengan menulis, berarti kita menuangkan segala ide dan perasaan kita secara bebas. Menulis secara tidak langsung telah membangun kepercayaan diri kita, karena biasanya orang yang suka menulis cenderung menjadi perhatian dan menonjol dari orang lain. Dengan menjadi perhatian dan menonjol dari orang lain, tentu kepercayaan diri kita akan lebih meningkat.

 

Mungkin ini hanya beberapa manfaat dari menulis, jika ada teman-teman yang memiliki pengetahuan lain tentang manfaat menulis silahkan berikan komentarnya yaaa!!

Happy Good Day Sahabat Growing.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Cart

No products in the cart.