#1 Pastikan Jarak Pandang Membaca Tepat

Jarak pandang membaca yang tepat adalah 30. Tidak kurang, dan tidak lebih. Hal ini bukan hanya membuat matamu sehat dan tak mudah perih, melainkan pula membuat otakmu lebih fokus memahami bacaan.

#2 Kunyah Permen Karet

Menurut penelitian, kita selalu tidak sadar menggumamkan bacaan, dan ini sungguh mendistraksi fokus kita dalam membaca. Untuk mengurangi distraksi yang tak berguna ini, kamu lebih baik mengunyah permen karet.

#3 Bacalah Satu Kalimat Utuh

Ketimbang membaca satu kata per kata, akan lebih baik kamu membaca satu kalimat utuh. Bukan hanya proses membaca menjadi lebih cepat, melainkan juga untuk mengurangi kemungkinan untuk pengulangan. Apabila hal ini masih terasa begitu sulit, kamu mungkin belum terbiasa.

#4 Ketahui Ide Utama Satu Paragraf

Kamu bisa menandai ide utama satu paragraf dengan highlighter. Mengetahui ide utama dari setiap paragraf akan membuatmu fokus pada inti setiap paragraf. Dengan begini, kamu bisa menangkap maksud dari buku yang kamu baca.

#5 Gerakkan Jari Telunjuk sesuai Bacaan

Untuk menghindari pengulangan dalam membaca yang memboroskan waktu, kamu bisa menggunakan trik lama: menggerakkan jari pada setiap kata ketika membaca. Hal ini bukan hanya mengurangi pengulangan dalam membaca, melainkan pula meningkatkan pemahaman semaksimal mungkin.

#6 Ketahui Kemampuan Bacamu

Daya serap setiap orangnya berbeda-beda, sehingga kamu harus mengukurnya untuk dirimu sendiri. Karena tak semua orang mampu membaca cepat dengan pemahaman yang tinggi dari buku, kamu tak perlu menuntut dirimu membaca lebih cepat dari daya serapmu.

#7 Rajin-Rajinlah Membaca, Maka Daya Serapmu Meningkat

Untuk meningkatkan kemampuan membaca, kamu harus rajin-rajin membaca. Bacalah banyak buku. Mulai dari buku lokal atau luar, hingga buku-buku yang paling rumit. Semakin banyak buku yang kamu baca, semakin meningkat daya serapmu.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Cart

No products in the cart.