Autoimun Mungkin belakangan ini kita banyak mendengar tentang penyakit autoimun atau bisa jadi salah satu diantara kita mengalami. Untuk memperjelas tentang pemahaman autoimun, Growing akan memberikan sedikit pemahaman.

Autoimun adalah kondisi dimana kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit malah tubuh itu sendiri. Sistem kekebalan tubuh yang seharusnya memberi proteksi dari berbagai macam virus atau penyakit justru menyerangnya. Growing ibaratkan sistem imun itu seperti tentara nasional dalam sebuah negara. Fungsi utama dari tentara adalah melindungi negaranya, karena kesalahan informasi atau salah perintah tentara nasional itu malah meluncurkan kudeta (menyerang negera itu sendiri).

Lalu apasih penyebabnya? apa saja faktor penyebabnya? mari kita bahas satu persatu!

Woman emotions in studio

Penyebab 

Sampai sekarang belum diketahui penyebab penyakit ini belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor yang bisa menjadi pemicu :

a. Genetik

Autoimun sering terjadi karena orangtuanya memiliki riwayat penyakit autoimun, namun hal ini tidak bisa dipastikan 100%. Jangan khawatir biala anda odamun (Orang dengan autoimun) belum tentu anak anda juga mengalami hal tersebut.

b. Obat Atau Suplement Tertentu

Ini juga bisa menjadi faktor jika seseorang mengkonsumsi obat-obatan atau suplemen tertentu. Tidak semua suplemen cocok dengan tubuh seseorang. Namun tidak ada kesadaran dari orang-orang tersebut untuk mendeteksi kecocokan tubuhnya dengan obat atau suplemen yang mereka konsumsi. itu bisa menjadi salah satu penyebab seseorang terkena autoimun.

 

Gejala Autoimun

Mengenai gejala umum yang terjadi pada seseorang yang terdiagnosis :

  1. Nyeri sendi disekujur tubuh
  2. Lack of Focus atau sering disebut dengan brainfog
  3. Kelelahan  berlebih atau fatigue
  4. Sulit tidur atau imsomnia
  5. Muncul lebam-lebam di lokasi tertentu pada tubuh

Jika diantara kamu mengalami gejala-gejala diatas dan mengganggu aktifitas kamu selama 6 minggu atau lebih, jangan ragu untuk datang dan berkonsultasi dengan dokter. ada banyak kasus yang  terjadi, rata-rata orang memeriksakan diri ketika sudah tidak tahan lagi dengan nyari sendi yang dialami, atau ketika tubuh sudah tidak bisa digerakan lagi. Sayangnya hal ini mungkin sudah terlambat dan biasanya mempersulit pengobatan. Jadi intinya adalah lebih baik waspada dengan segala kemungkinan yang ada, jangan biasakan menunggu untuk memeriksakan diri kedokter jika ada masalah dengan kesehatan kamu. Dengarkan alarm tubuh. Jangan menunggu sakit terlalu lama baru disembuhkan, lebih baik mengetahui meskipun pahit kenyataannya namun tidak terlambat dari segi pengobatannya. Untuk lebih jelas kalian bisa memiliki buku Living Well With Autoimune karya Kezia Yamamoto (Seorang autoimmune Surviver). Bukunya bisa didapatkan melalui Instragam atau melalui Tokopedia.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Cart

No products in the cart.