membaca buku sejarah biografi

Membaca bukanlah hobi bagi kebanyakan orang Indonesia. Namun sekalinya ada orang yang hobi membaca, orang itu adalah orang istimewa.

Apalagi jika yang dibaca adalah buku sejarah dan biografi. Mereka bukan hanya manusia-manusia istimewa, melainkan pula manusia-manusia yang mampu mencapai kesuksesan dan cita-citanya jauh lebih mudah dan cepat.

Mengapa?

#1 Membaca Buku Sejarah Sama Dengan Mempelajari Kesalahan-Kesalahan Orang Lain di Masa Lalu

membuat kesalahan

Satu hal yang tak bisa kita hindari sebagai manusia adalah kesalahan.

Kita tentu tak bisa luput dari kesalahan, dan cara terbaik untuk mencegah kesalahan yang sama terulang adalah dengan menghindarinya.

Tapi sayangnya, setiap manusia hampir selalu melakukan kesalahan yang sama, dan semua kesalahan tersebut tercatat dalam sejarah. Frasa “sejarah mengulang dirinya sendiri” itu benar. Kita selalu mengulang kesalahan yang sama, namun yang berbeda hanya orang dan zamannya.

Nah, dengan membaca buku sejarah, kita bisa menjadi lebih pintar untuk mencegah kesalahan dan kegagalan yang sama yang dilakukan oleh tokoh yang kita baca.

#2 Sejarah adalah Salah Satu Mentor dan Guru Terbaik

guru mentor terbaik

Bukan hanya kesalahan dan kegagalan, mempelajari sejarah sama dengan mempelajari banyak hal berguna dari seorang mentor atau guru, yang tak lain adalah tokoh dan pelaku sejarah yang kita baca.

Bagusnya, membaca buku sejarah tak membutuhkan biaya yang mahal. Tinggal pergi ke perpustakaan. Membaca buku-bukunya di sana. Atau, membeli buku sejarah yang lebih ringan dibaca atau lebih lengkap di toko buku — yang tentunya tak begitu mahal.

#3 Mempelajari Masa Lalu Membuat Diri Lebih Sukses ketimbang Membaca Cerita Fiksi

membaca buku non-fiksi

Membaca cerita fiksi yang bukan kenyataan jelas tak akan membuat diri semakin pintar dan sukses. Bagi sebagian orang yang ambisius dan produktif, cerita fiksi dianggap delusional dan sering kali mengalihkan pikiran, karena tak membahas hal-hal yang nyata.

Bagi kamu yang hendak mengejar sukses, memulai lebih banyak membaca buku non-fiksi, terutama sejarah, jelas merupakan kebiasaan yang layak ditanamkan. Bukan hanya mempelajari kesalahan orang-orang di masa lalu, membaca sejarah juga dapat mengubah cara berpikir.

#4 Mengetahui Cara Berpikir dan Kehidupan Pribadi Orang-Orang Terkenal di Masa Lalu

baca buku filsuf

Sejarah dan biografi tak mungkin menutupi kehidupan pribadi dan cara berpikir tokoh-tokoh ternama di dalamnya. Dari sini, kita bisa mempelajari bahwa hidup personal seseorang juga berpengaruh terhadap keberhasilannya di masa depan. Termasuk cara berpikir mereka.

Dengan membandingkan cara berpikir kita yang lebih modern serta perubahan gaya hidup yang jauh berbeda di zamannya, kita bisa mengetahui cara mereka menjalani hidup, yang ternyata tak jauh berbeda dari kita yang hidup di zaman modern sekarang. Ini memberikan peluang bagi kita, bahwa ternyata kemungkinan untuk menggapai kesuksesan yang sama itu selalu ada.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Cart

No products in the cart.