Menulis sangatlah bermanfaat. Sayangnya, tak semua orang menyadari manfaatnya, terutama untuk otak.

Otak memiliki kemampuan untuk reorganisasi dengan membentuk interkoneksi baru pada saraf. Artinya, otak menyesuaikan kebiasaan kita dan lingkungan kita dengan cara kita berpikir. Jika kebiasaan kita adalah menulis, maka otak akan menyesuaikan diri dengan manfaat-manfaatnya.

Lalu, apa saja manfaat menulis bagi otak?

#1 Menulis Meningkatkan Daya Ingat

Apabila kamu sering mencatat daftar panjang tertentu karena merasa diri mudah lupa, hal tersebut terjadi bukan tanpa alasan. Kurangnya daya ingat terjadi karena kamu jarang berpikir, yang membuat otak kurang terlatih.

Menulis mampu meningkatkan daya ingat. Menulis membangkitkan sel-sel dalam lobus temporalis yang berperan dalam berbagai hal, termasuk menyimpan ingatan baru.

#2 Membaca dan Menulis Sesuatu yang Klise Mengurangi Kinerja Otak

Pernahkah kamu membaca sesuatu yang klise (sesuatu yang sudah berulang kali kamu dengar/baca hingga terdengar sangat menyebalkan) dan merasa otakmu menjadi ikut “basi”?

Faktanya, menulis dan membaca sesuatu yang basi memang menurunkan kinerja otak untuk dirangsang oleh elemen-elemen visual seperti kemampuan indera hingga metafora.

Maka, tulislah dan bacalah sesuatu yang baru. Sesuatu yang belum pernah dipublikasikan. Sesuatu yang belum pernah diciptakan oleh siapa pun.

Jiplak atau menulis ulang tulisan orang lain tanpa menambah ide-ide sendiri adalah sesuatu yang klise, yang justru malah mengurangi kreativitasmu.

#3 Menulis Jurnal Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Menulis jurnal, bagi sebagian orang, hanya berguna untuk merefleksikan masa lalu untuk perkembangan yang lebih baik bagi masa depan. Namun, menulis jurnal memiliki manfaat lebih dari itu.

Menulis jurnal mampu memperkuat sel T lymphocyte yang merupakan sel imun yang membantu tubuhmu melawan infeksi.


Bersyukurlah bagi mereka yang memiliki profesi sebagai penulis, apalagi ditambah dengan olahraga rutin. Tubuh jadi lebih sehat, dan pikiran juga jadi lebih sehat.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Cart

No products in the cart.