10 November seluruh warga Indonesia memperingati hari Pahlawan Nasional. Tanggal ini memperingati pertempuran di Surabaya pada tanggal yang sama. Perjuangan para pahlawan di Surabaya adalah salah satu perjuangan perang terbuka terbesar setelah proklamasi kemerdekaan. Di hari sebelumnya yaitu tepat pada hari jum’at tanggal 09 september 1945, pesawat-pesawat pasukan Inggris menyebarkan selebaran dari udara ke seluruh wilayah Surabaya. Selebaran itu berisi ultimatum dari Inggris untuk menyerahkan senjata selambat-lambatnya pukul 6 pagi. Namun bukannya takut atau mengikuti ultimatum tersebut, arek-arek Surabaya malah menantang pasukan Inggris untuk berjibaku atau perang secara terbuka.

Lalu apa yang membakar semangat arek-arek Surabaya? itu adalah pidato Bung Tomo yang berbunyi “Selama benteng-benteng Indonesia masih punya darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah putih, maka selama itu kita tidak akan menyerah pada siapapun”. Sontak pidato yang tersebar melalui radio tersebut membuat semangat masyarakat Surabaya berkobar.

Oke Stop sampai disini! sebelum lebih lanjut Growing mau bertanya mengenai apa arti Pahlawan dan siapa pahlawan menurut Sahabat Growing?

Yap, ia adalah Ayah dari kita semua.

Kenapa Ayah? apakah Ayah pernah masuk ke medan pertempuran seperti para pejuang di Surabaya?. Mungkin sebagian dari sahabat Growing memiliki ayah seorang veteran pahlawan kemerdekaan pada jaman penjajah. Tapi yang Growing maksud disini adalah peran Ayah sebagai pahlawan dalam membesarkan dan mensukses kita semua.

Ayah

Memang Ayah jarang disebut dalam berbagai sajak, lagu, atau film sebagai orang memiliki andil besar dalam kehidupan keluarga ataupun anak-anaknya. Padahal Ayah memiliki perjuangan yang luar biasa untuk menyekolahkan anak-anaknya, mencukupi kebutuhannya, memberikan mereka tempat tinggal yang layak atau bahkan dalam hal kasih sayang.

Sudahkah sahabat Growing memberikan ucapan terima kasih kepada ayah?

Lalu seperti apa cara kalian mengungkapkan rasa terima kasih kepada Ayah, apakah dengan datang, duduk di sebelahnya dan mengatakan bahwa kalian berterima kasih atas semua usaha yang Ayah kalian lakukan, atau ada cara lain cara menguangkapkannya?

Kalau 25 orang berikut memiliki cara yang sederhana namun memiliki kesan yang luar biasa untuk Ayah mereka. Mereka mengungkapkan rasa terima kasih dalam bentuk tulisan dan mereka semua menerbitkannya dalam bentuk buku berjudul A LETTER TO FATHER.

Buku A Letter To Father berisi ucapan terima kasih untuk para Ayah yang telah membesarkan anaknya dengan cara yang luar biasa. Tanggung jawab untuk terus-menurus bekerja, menanggung keletihan, menyimpan masalah dan kekhawatiran bagi dirinya sendiri untuk memberi nafkah keluarga. Di buku ini terdapat sisi lain dari gambaran seorang Ayah. Kisah yang dapat menyentuh hati dan bisa menjadi pembelajaran berharga untuk mempererat ikatan keluarga antara Ayah dan Anak.

Lalu bagaimana cara sahabat Growing mengungkapkan rasa terimakasihnya? apakah mau seperti mereka?

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Cart

No products in the cart.