Gimana respon kamu ketika melihat buku koleksimu rusak dan hancur?

Coba bayangkan ketika buku kesayangan kamu rusak, apalagi sampai hancur dimakan serangga? Uhh.. Pasti sedih kan. Bagi para kolektor dan pecinta buku, tentu buku dianggap sebagai barang berharga untuk dia. Mereka menganggap bahwa buku adalah barang yang harus dijaga, dirawat, dan disayangi. Sayangnya, masih banyak nih yang awam tentang bagaimana caranya merawat buku dengan baik dan benar. Ternyata mudah loh merawat buku koleksi kamu. Berikut adalah tips ampuh untuk merawat buku koleksimu :

1. Menyampul

Hal paling sederhana yang harus kamu lakuin adalah menyampul buku-buku koleksi kamu. Menyampul buku bertujuan agar buku koleksimu tetap bagus dan terlihat seperti baru. Eits.. jangan lupa ya kalian harus memakai sampul bening yang agak tebal dan nggak lengket di buku. Selain itu, kalian juga harus mengganti sampul itu ketika sudah terlihat usang ya, agar tetap terlihat bagus.

2. Letakkan dengan Posisi Berdiri

Jangan meletakkan buku dengan cara ditumpuk, tetapi harus berdiri dan berjajar kesamping. Kenapa sih kita harus meletakkan buku dengan posisi berdiri? Tujuannya adalah agar udara masuk ke sela-sela buku, supaya buku tidak menjadi lembab. Jangan lupa letakkan buku berdasarkan categorynya ya agar memudahkan kalian memilih buku yang akan dibaca.

3. Letakkan Rak Buku Jauh dari Dinding

Kalian tahu kenapa kita harus meletakkan rak buku dari dinding? Jawabannya adalah ketika kita meletakkan rak buku rapat dengan dinding, maka udara sulit masuk ke sela-sela buku, akhirnya buku menjadi lembab dan menguning. Selain itu, meletakkan rak buku rapat dengan dinding juga bisa menjadi tempat serangga bersarang.

4. Bersihkan Buku Secara Rutin

Setelah kalian menyampul, meletakkan dengan posisi yang benar, jangan lupa membersihkannya secara rutin. Kenapa? Tujuannya adalah agar debu-debu di buku kamu menghilang. Tau gak sih kalau debu itu sangat mudah menempel di buku? maka dari itu harus rajin membersihkan buku ya! agar buku kamu selalu rapih dan bersih.

5. Letakkan Kamper di Rak Buku

Yang terakhir adalah meletakkan kamper di rak buku. Jangan sampai melewatkan tips ini ya. Kamper berguna untuk mengusir serangga. Kalian tahu kan kertas itu rawan terhadap serangga. Biasanya serangga menyerang buku-buku yang sudah lama, karena buku baru biasanya masih mengandung zat kimia. Nah, untuk antisipasi, kamu jangan sampai lupa meletakkan kamper di sela-sela buku ya.

 

Nah, itu dia tipsnya. Mudah kan? Jangan sampai buku koleksi kamu rusak dan hancur ya!

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Cart

No products in the cart.